Beasiswa Eksistensi D3 Ke S1 Malaysia

Banyak dari mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya dengan program ekstensi di Universitas yang ada di Eropa. Namun, perlu diketahui jika di Asia juga terdapat beberapa Universitas yang membuka program ekstensi ini. Satu diantara negara tersebut yakni Malaysia. Bahkan terdapat beasiswa ekstensi D3 ke S1 Malaysia untuk beberapa mahasiswa yang beruntung.

Dengan jarak yang dekat ini dan bahasa yang serumpun, sepertinya sangat sesuai dengan mahasiswa tanah air yang mau meneruskan pendidikannya di luar negeri. Untuk biaya hidup yang dikeluarkan ketika tinggal di Malaysia juga tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Karena perbedaan nilai kurs mata uang ringgit ke rupiah hanya sebesar Rp3.500/RM.

Informasi Penting Terkait Penyedia Beasiswa Ekstensi Di Malaysia

Semua mahasiswa tentunya ingin mendapatkan keringanan untuk membayar segala kebutuhannya saat menempuh pendidikan. Mengenai keringan ini, salah satunya bisa didapatkan melalui penerimaan beasiswa. Tapi, siapa saja pihak yang bisa memberikan beasiswa ekstensi D3 ke S1 Malaysia ini? Lalu, apakah beasiswa ini merupakan full scholarship atau bukan?

Bagi penyedia beasiswa D3 ke S1 untuk di Malaysia ini bisa dari pihak swasta maupun pemerintah Indonesia. Hanya saja, sebagian besar penyedia beasiswa ini bisa diperoleh dari pihak swasta. Karena beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia sebagian besar ditujukan untuk mahasiswa S1 reguler, S2, hingga S3 di dalam negeri maupun luar negeri.

Mengenai informasi pihak penyedia beasiswa ini bisa didapatkan melalui sosial media penyedia beasiswa pemerintah maupun swasta. Berikut yang biasanya menyediakan beasiswa untuk program ekstensi ini yaitu:

1. Pihak Pemerintah Indonesia

Perlu diketahui bahwa cukup sulit untuk memperoleh bantuan pendidikan dari pemerintah Indonesia guna meneruskan pendidikannya di Malaysia ini. Hal ini dikarenakan program yang diambil adalah program alih jenjang bukan program sarjana reguler. Yang dimana masa studi lanjutannya hanya berkisar 1,5 hingga 2 tahun saja.

Mahasiswa yang ingin mendapatkan informasi mengenai beasiswa alih jenjang di Malaysia dari pemerintah, bisa mengikuti sosial media LPDP. Adapun beasiswa lain yang ditujukan untuk mahasiswa D3 yakni beasiswa PPA yang hanya didapatkan dalam 2 periode saja. Sehingga, bisa disimpulkan cukup sulit untuk mendapatkan beasiswa alih jenjang dari pemerintah.

Namun, beasiswa lain bisa didapatkan dalam bentuk beasiswa penghargaan maupun penelitian yang bisa diperoleh oleh mahasiswa. Dengan begitu, setiap mahasiswa harus lebih berusaha keras untuk dapat memperoleh bantuan pendidikan atau beasiswa ini.

2. Pihak Swasta

Memang benar, bahwa pihak swasta selalu menyediakan beasiswa yang lebih luas daripada pemerintah. Untuk pemberi beasiswa program ekstensi dari pihak swasta ini biasanya dari beberapa perusahaan maupun organisasi tertentu. Namun, biaya yang diberikan ini tentu tidaklah mencukupi seluruh biaya pendidikan dan biaya hidup selama di Malaysia.

Hanya saja, dengan adanya pemberian beasiswa dari pihak swasta ini tentu sudah cukup membantu bagi mahasiswa tersebut. Bagi pemberi beasiswa full scholarship dari pihak swasta biasanya hanya didapatkan pada beasiswa jenjang S1 reguler saja. Mengenai pihak swasta yang sering membuka pendaftaran beasiswa yakni Sejuta Cinta, Beasiswa Astra, dsb.

Selain itu, setiap mahasiswa jika ingin mendapatkan biaya tambahan bisa mengikuti berbagai perlombaan yang ada. Karena dari perlombaan tersebut, jika mahasiswa memenangkan perlombaan maka hadiah yang didapat cukup besar. Jika mahasiswa memiliki waktu luang yang banyak juga bisa mencari pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa.

Universitas Yang Membuka Program Ekstensi Malaysia

Selain persiapan biaya yang harus dipikirkan, juga sebaiknya perhatikan universitas yang membuka program ekstensi ini. Adapun universitas yang membuka program ekstensi ini, diantaranya :

  • Universiti Malaysia Sarawak
  • Universitas Kebangsaan Malaysia
  • Management & Sains University (MSU)
  • Universiti Tun Abdul Razak (UNIRAZAK), serta universitas yang lainnya.

Itulah informasi mengenai beasiswa ekstensi D3 ke S1 Malaysia yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa. Dengan adanya informasi ini diharapkan setiap mahasiswa dapat menyiapkan dirinya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.