Beasiswa DAAD S2 Di Jerman

Pada waktu sekarang ini sudah tersedia berbagai bentuk beasiswa yang bisa dilamar dengan formasi studi yang juga cukup beragam. Dimana satu diantaranya yaitu beasiswa DAAD S2 di negara Jerman. Ini pun menjadi sebuah peluang menari bagi para pemburu beasiswa. Terutama yang telah terjun dalam bidang profesional. Bahkan lewat skema Epos, program beasiswa ini juga berlaku untuk jenjang doktor.

Durasi waktu belajar untuk program beasiswa ini dalam jenjang S2 yaitu 12 sampai dengan 24 bulan. Sedangkan untuk jenjang doktor atau S3 durasi waktu yang ditetapkan yaitu 36 bulan. Program beasiswa ini merupakan satu dari beberapa bentuk perwujudan kerjasama pihak BMZ Jerman. Bagi yang penasaran mengenai informasi beasiswa DAAD selebihnya, maka bisa menyimak ulasan berikut:

Persyaratan

Sebagaimana jenis beasiswa yang lain, beasiswa DAAD S2 juga memberlakukan sejumlah persyaratan yang perlu dipenuhi oleh calon penerimanya. Dimana persyaratan tersebut mulai dari status bekerja yang dijalani sampai dengan kriteria kemampuan bahasa Inggris. Untuk uraian selebihnya yaitu seperti berikut:

  • Syarat pertama yaitu pelamar bekerja dalam otoritas pemerintahan atau publik. Bisa juga di otoritas perusahaan milik negara maupun perusahaan milik swasta.
  • Kemudian pihak pelamar juga telah mempunyai gelar sarjana.
  • Berikutnya gelar akademik yang telah diselesaikan oleh pelamar mempunyai nilai di atas rata-rata. Di samping itu pelamar juga mempunyai pengalaman kerja secara profesional paling tidak selama 2 tahun pada bidang yang bersangkutan.
  • Lalu juga ada syarat gelar akademi yang diambil lamanya tidak melebihi masa 6 tahun.
  • Khusus bagi perkuliahan yang memakai bahasa Jerman: DSH 2 maupun bisa juga menggunakan TestDaf 4 dengan catatan level paling tidak A2.
  • Terakhir bagi perkuliahan yang memakai bahasa Inggris maka kriterianya yaitu untuk IELTS band 6. Bisa juga menggunakan TOEFL PBT dengan skor 550, jika CBT minimal skornya 213 dn untuk IBT minimal 80.

Dokumen Yang Diperlukan

Jika pelamar telah mengetahui tentang persyaratan yang memang telah dirancang oleh pihak yang terkait. Maka pelamar juga perlu mengetahui berbagai macam dokumen yang perlu dipersiapkan. Mulai dari formulir sampai dengan transkrip nilai. Untuk penjelasan selebihnya dapat disimak dalam uraian berikut:

  • Dokumen pertama yang perlu dilengkapi yaitu berupa formulir. Dimana formulir ini dapat diunduh pada laman resminya.
  • Kemudian juga ada CV yang  sudah diberikan tanda tangan. Dokumen satu ini memakai formulir dari Europass.
  • Lalu juga ada surat motivasi yang berhubungan dengan pekerjaan sekarang yang juga sudah berikan tanda tangan.
  • Berikutnya adalah surat rekomendasi yang berasal dari perguruan tinggi yang telah dibubuhkan tanda tangan serta cap dengan cara resmi.
  • Selanjutnya juga surat rekomendasi namun asalnya dari tempat kerja atau bisa juga dari pihak atasan yang sudah diberikan tanda tangan serta cap secara resmi.
  • Ada juga surat pengalaman kerja yang bisa didapatkan dari atasan. Serta apabila masih memiliki kemungkinan sertakan juga jaminan untuk mempekerjakan kembali jika sudah kembali dari negara lain.
  • Lengkapi juga dengan bukti kemampuan bahasa Inggris berupa IELTS maupun TOEFL. Jika perkuliahan dengan bahasa Jerman bisa memakai bukti DSH maupun TestDaf.
  • Kemudian ada fotocopy dari ijazah bergelar akademik.
  • Terakhir yaitu fotocopy dari transkrip nilai.

Itu tadi sekilas pembahasan mengenai syarat beserta dokumen yang perlu dilengkapi untuk daftar beasiswa DAAD S2 di negara Jerman. Beasiswa ini bisa menjadi pilihan bagi para pemburu beasiswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana. Pasalnya beasiswa ini tidak hanya menaungi jenjang Master atau S2 saja akan tetapi juga jenjang Doktor atau S3 juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.