KKN menjadi salah satu mata kuliah wajib yang biasanya harus ditempuh mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) sebelum kelulusannya. Beberapa syarat KKN UII wajib dipenuhi terlebih dahulu, agar bisa melakukannya mendaftar dengan lancar.
Adanya persyaratan tersebut yang membuat tidak semua mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti KKN. Adanya persyaratan yang mencakup dua kategori yakni akademik dan administrasi perlu diperhatikan dengan baik, agar tidak ada yang terlewatkan.

Syarat Akademik


Syarat secara akademik yang dimaksudkan ini berupa hal-hal akademik yang perlu dipenuhi sebelum melakukan KKN. Biasanya, persyaratan akademik berkaitan dengan jumlah satuan kredit semester, nilai indeks prestasi kumulatif serta lainnya. Berikut ini ulasannya, antara lain:
1. Mendapat Izin dari Prodi Melalui Statusnya di UNISYS
UNISYS merupakan sistem akademik terintegrasi dari UII. Semua hal yang berkaitan dengan pembelajaran biasanya tercantum padai sistem tersebut. Hal yang termasuk didalamnya terkait status pengambilan KKN mahasiswa dari prodi. Pastikan mengerti bagian-bagian yang ada pada laman ini, agar tidak terjadi kendala saat memeriksa statusnya.
2. Indeks Prestasi Kumulatif Minimal 2.00 Kecuali Fakultas Ekonomi 2.50
Syarat agar bisa mengikuti Kuliah Kerja Nyata, para mahasiswa harus memiliki nilai indeks prestasi kumulatif minimal 2.00 atau lebih. Hal ini berlaku untuk semua jurusan bagi prodi yang mengharuskan melakukan KKN. Syarat nilai tersebut tidak untuk Fakultas Ekonomi, karena nilai IPK minimal mahasiswa harus 2.50 agar bisa mengikuti KKN.
3. Melakukan Pendaftaran Secara Online
Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mendaftar online pada laman resmi https://kkn.uii.ac.id. Selanjutnya, melengkapi data pada https://bit.ly/asuransi-bpjs-kkn-uii. Persiapkan sejumlah biodata diri, IPK, SKS, organisasi serta kelengkapan lainnya.
Pastikan untuk melakukan pendaftaran dengan menggunakan browser Google Chrome, karena adanya fitur screenshot yang dibutuhkan ketika proses mendaftar. Hal ini sebagai bukti bahwa mahasiswa tersebut telah mendaftar KKN.

Syarat Administrasi
Syarat administrasi berkaitan dengan semua hal administrasi atau hal non akademik untuk dipenuhi sebelum mengikuti KKN. Syaratnya bisa berupa kegiatan atau berupa pembayaran yang harus dilunasi. Berikut ini beberapa syaratnya, antara lain:
1. Diwajibkan Ikut Kegiatan Pesantrenisasi
Sebelum KKN dilangsungkan, para mahasiswa dengan syarat akademik di atas yang sudah terpenuhi harus ikut pesantrenisasi pra KKN. Namun, ada hal yang harus dinyatakan lulus sebelum mengikuti kegiatan ini yakni telah lulus mata kuliah wajib UII serta harus tercantum dalam KHS.
2. Membayar Uang Pendaftaran
Dana KKN yang harus dibayar oleh mahasiswa UII yaitu 700 ribu rupiah. Uang tersebut nantinya akan digunakan sebagai pembiayaan kehidupan di tempat KKN. Hal itu juga disesuaikan serta disepakati bersama pemilik rumah yang ditempati saat menjalankan KKN.
3. Jika Mengundurkan Diri, Dana Pendaftaran Tak Kembali
Ada batas waktu mengundurkan yang harus dilakukan untuk para mahasiswa yang tidak jadi mengikuti kegiatannya. Informasi batas waktunya dapat dilihat melalui website UII. Sedangkan untuk biaya yang sudah dibayarkan, mahasiswa tidak bisa mengambilkan kembali dan dianggap hilang begitu saja.

Itulah ulasan dari syarat KKN UII yang dapat dijadikan referensi baik secara akademik dan administrasi. Ada pula ulasan mengenai prosedur dan hal yang perlu diperhatikan saat pendaftaran. Hal ini membuat mahasiswa tak perlu bingung lagi ketika hendak melakukan KKN. Informasi lengkapnya dapat pula diketahui dari website resmi UII.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.