Manfaat KKN Tematik

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah program yang mana menempatkan mahasiswa untuk tinggal bersama masyarakat di lokasi yang ditunjuk. Saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengeluarkan sebuah program kebijakan Tridharma Perguruan Tinggi untuk melakukan KKN Tematik. Ada banyak manfaat KKN Tematik sebagai model pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa.

Seperti yang telah diketahui bahwa dengan adanya KKN Tematik ini, pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa lebih difokuskan pada pemberdayaan keluarga dari berbagai aspek yang ada. Untuk lebih lanjut mengenai apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari KKN Tematik ini, simak ulasannya berikut ini:

1. Mengimplementasikan Ilmu Yang Ditekuninya

Bagi seorang mahasiswa, manfaat KKN Tematik yang bisa didapatkan yaitu mampu mensinergikan dan juga mengimplementasikan beberapa ilmu yang telah didapatkan sewaktu di bangku kuliah. Ilmu yang dimiliki tersebut bisa langsung diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Tentunya hal ini juga bisa melatih kepedulian terhadap masyarakat yang ada di wilayah tempat berlangsungnya KKN tersebut.

2. Mempelajari Kearifan Lokal

Banyak sekali kearifan lokal yang ada di Indonesia ini. Bahkan tidak sedikit mahasiswa yang mungkin belum pernah mengenal atau mengetahui kearifan lokal yang ada di daerah tempat KKN Tematik ini. Tentunya dengan adanya program yang dilakukan, mahasiswa bisa mengenal dan juga mempelajari kearifan lokal yang ada. Hal ini akan semakin menambah pengetahuan dan juga keterampilan dari mahasiswa tersebut.

3. Menjalin Kerja Sama Dengan Berbagai Instansi

Tidak menutup kemungkinan ketika melakukan KKN Tematik ini akan melibatkan berbagai pihak. Pihak yang ikut terlibat tentunya tidak hanya masyarakat biasa saja, melainkan juga dari berbagai instansi yang ada. Nah, KKN Tematik ini akan menjadikan mahasiswa lebih luas dalam menjalin kerja sama dari berbagai instansi yang ada,

4. Mengarahkan Semua Potensi Yang Ada

Perlu diketahui bahwa permasalahan yang ada di masyarakat terbilang saat kompleks. Baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi, maupun aspek lainnya. Namun dibalik itu semua, tentu masyarakat memiliki potensi yang positif dan penting untuk digali di setiap daerahnya.

Jadi, dengan adanya KKN Tematik yang dilakukan ini, mahasiswa diharapkan mampu menggali potensi yang ada sehingga bisa memanfaatkan dengan baik.

5. Berbagi Ilmu Sesuai Dengan Kemampuan Jurusan

Ketika melaksanakan KKN Tematik, maka mahasiswa telah memiliki beberapa program yang hendak dijalankan ketika telah melangsungkan KKN di suatu wilayah. Beberapa program tersebut tentunya disesuaikan dengan kemampuan jurusan yang telah diambilnya. Jadi dengan membagikan ilmu yang telah diterima untuk diaplikasikan ke masyarakat ini menjadi bentuk pembangunan awal anak muda untuk Indonesia.

6. Sarana Kontribusi Nasional

Banyak sekali masalah yang terjadi di masyarakat. Ketika mahasiswa ikut andil dalam permasalahan masyarakat, tentu menjadikan salah satu kontribusi nasional yang bisa dilakukan. Mengingat banyaknya perguruan tinggi yang melakukan KKN Tematik, tentu sebuah negara akan mampu unggul dan meminimalisir masalah dalam skala nasional.

7. Ajang Pembuktian Diri

Apa yang telah dipelajari dibangku kuliah tidak akan memiliki nilai guna ketika hanya disimpan dalam memori otak saja. Manfaat adanya KKN Tematik ini bisa sebagai ajang pembuktian diri mengenai keterampilan yang dimiliki. Saran dan juga rancangan program yang ada di benak mahasiswa bisa tersalurkan dan bisa menjadi salah satu upaya untuk mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

Beberapa manfaat KKN Tematik tersebut tentu memberikan dampak yang besar tidak hanya bagi masyarakat saja. Menjalankan program yang telah dirancang ketika melakukan KKN dengan baik juga menjadi salah satu bukti nyata perjuangan untuk bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *