Contoh Proker KKN Individu

Umumnya, KKN dilaksanakan secara berkelompok dengan dosen pembimbing lapangan yang memberikan arahan dan penilaian. Akan tetapi tidak semua program kerja selalu diselesaikan bersama dengan tim. Melainkan ada beberapa contoh proker KKN individu yang harus dikerjakan secara mandiri di daerah yang ditempati.

Apalagi di masa pandemi saat ini, sangat sulit untuk melaksanakan KKN bersama seluruh anggota kelompok dalam satu waktu. Sehingga beberapa kampus telah menetapkan adanya program kerja KKN yang dilakukan secara Individu dan hasilnya dilaporkan secara daring. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan secara mandiri, misalnya 6 contoh proker berikut yang bermanfaat bagi warga sekitar:

1. Berpartisipasi Dalam Acara Keagamaan

Mahasiswa dapat bersosialisasi dengan warga setempat sembari mengikuti serangkaian kegiatan keagamaan di daerah tersebut. Misalnya dengan turut serta pada acara syukuran, pengajian, maupun mengadakan proker pelatihan kaligrafi bagi warga sekitar. Di akhir kegiatan KKN, dapat diadakan lomba untuk mengasah kemampuan yang telah diperoleh selama masa pelatihan.

2. Mengadakan Bimbingan Belajar

Mahasiswa yang berasal dari pendidikan kejuruan dapat melaksanakan salah satu contoh proker KKN individu dengan mengadakan bimbel. Misalnya bimbingan mata pelajaran matematika, IPA, atau bidang keilmuan lainnya. Pastinya siswa akan lebih termotivasi untuk belajar ketika pembelajaran yang diterapkan menarik dan tidak membosankan.

Adapun bimbingan belajar dapat dimulai dengan kapasitas kecil terlebih dahulu, misalnya anak-anak di sekitar rumah. Pelaksanaannya dapat dilakukan secara langsung maupun daring. Di akhir bimbingan belajar, mahasiswa dapat mengajak anak-anak untuk menonton film edukatif bersama-sama. Agar pembelajaran tidak terkesan monoton.

3. Sosialisasi Pentingnya Berwirausaha Secara Daring

Menanamkan jiwa berwirausaha juga sangat penting ketika melaksanakan KKN. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan dengan cara membentuk panitia dalam kelompok KKN untuk menyelenggarakan sosialisasi. Namun, aktivitas tersebut justru akan memberatkan ketika program kerja KKN harus dilaksanakan secara individu.

Bila tidak memungkinkan untuk bertemu dalam satu tempat, mahasiswa dapat melakukan sosialisasi secara daring. Misalnya dengan mengajak beberapa warga untuk berpartisipasi pada aplikasi Zoom. Sosialisasi tentang pentingnya berwirausaha juga dapat dilaksanakan dengan pembuatan video berisi penjelasan materi dan dibagikan ke warga untuk dipahami.

4. Pelatihan Menari Bagi Anak-Anak di Sekolah

Salah satu contoh proker KKN individu yang dapat diterapkan dengan mudah adalah memberikan pelatihan menari bagi anak-anak. Mahasiswa dapat mengajarkan beberapa tarian daerah dalam upaya melestarikan budaya. Program kerja ini cocok bagi mahasiswa yang latar belakangnya berasal dari jurusan kesenian.

5. Membagikan Poster Tentang Hidup Sehat

Sosialisasi akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat juga sangat diperlukan. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, setiap orang harus selalu mematuhi protokol kesehatan meski sedang menjalankan rutinitas. Mahasiswa dapat membagikan poster tentang gaya hidup sehat yang nantinya dapat dibagikan secara langsung maupun daring ke masyarakat setempat.

6. Menjadi Tenaga Pengajar Desa Untuk Memberantas Buta Huruf

Salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi di daerah yang cukup terpencil adalah kurangnya pemahaman tentang baca tulis. Mahasiswa dapat berperan serta untuk bantu memberantas buta huruf dengan menjadi tenaga pengajar bagi anak-anak maupun lansia. Utamanya dalam mengajarnya cara membaca dan menulis yang benar.

Demikianlah 6 contoh proker KKN individu yang akan tetap berjalan optimal meski dilaksanakan secara mandiri. Sebaiknya mahasiswa merencanakan program kerja selaras dengan jurusan masing-masing. Selain itu, mahasiswa harus menyesuaikan program kerja yang direncanakan dengan kondisi warga sekitar. Melaksanakan proker yang dibutuhkan masyarakat akan lebih tepat sasaran dan membawa dampak positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.