Contoh Pengabdian Masyarakat Online

Kondisi pandemi seperti sekarang memang menghambat berbagai jenis kegiatan khususnya bagi pihak universitas. Salah satunya adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang sifatnya wajib bagi mahasiswa. Ada beberapa contoh pengabdian masyarakat online yang bisa dijalankan selama masa pandemi ini. Berikut akan dibahas contoh program pengabdian masyarakat yang memungkinkan untuk dilakukan secara online:

1. Penyuluhan Secara Online

Mahasiswa bisa memberikan penyuluhan atau sosialisasi dengan topik tertentu secara online. Saat ini kemajuan teknologi sudah sangat mendukung untuk dilakukannya program sosialisasi jarak jauh. Mahasiswa bisa menggunakan platform online meeting seperti zoom untuk mengadakan penyuluhan terhadap masyarakat.

Penyuluhan yang dijalankan secara online ini bisa mengangkat tema yang beragam sesuai jurusan mahasiswa. Namun, bagi masyarakat yang ada di pedesaan dan belum paham teknologi mungkin akan menemui kesulitan untuk mengikuti kegiatan. Tentunya dibutuhkan kerja sama dari pihak perangkat desa dan mahasiswa agar bisa memfasilitasi masyarakat untuk mengikuti program penyuluhan secara online.

2. Pelaksanaan Sesi Konsultasi Online

Mahasiswa juga bisa membuka program konsultasi online yang bisa diikuti masyarakat. Biasanya program ini cocok dijalankan oleh mahasiswa dari jurusan kesehatan seperti kedokteran, kebidanan, juga keperawatan. Masyarakat bisa berkonsultasi tentang kondisi kesehatan lewat media komunikasi online.

Namun tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dari jurusan lain untuk melaksanakan program konsultasi juga. Misalnya bagi mahasiswa jurusan bisnis manajemen yang bisa membuka sesi konsultasi bagi warna pelaku UMKM. Sesi konsultasi ini diharapkan bisa menjadi sarana bagi mahasiswa untuk membantu mencari solusi dari masalah-masalah yang dihadapi warga.

3. Pembuatan Video Pelatihan

Selain melakukan sosialisasi langsung lewat media komunikasi online, mahasiswa juga bisa membuat video pelatihan. Beragam jenis topik video bisa dibuat misalnya video pelatihan pembuatan kompos, pelatihan daur ulang sampah, dan lain sebagainya. Pembuatan video pelatihan seperti ini akan membantu masyarakat untuk menambah wawasan. Video bisa dibagikan kepada masyarakat dan bisa ditonton kapan saja saat dibutuhkan.

4. Pembuatan Media Edukasi Online

Salah satu contoh pengabdian masyarakat online yang juga layak dijalankan adalah pembuatan media edukasi. Mahasiswa bisa menciptakan media edukasi yang diakses secara online. Cara paling sederhana adalah pembuatan media edukasi melalui media sosial yang mudah untuk diakses oleh masyarakat. Topik yang diangkat bisa disesuaikan dengan jurusan mahasiswa dan konten yang ditampilkan perlu disesuaikan dengan target warga yang ingin diedukasi.

5. Pembagian Poster Edukasi

Program lain yang juga bisa dijalankan adalah pembagian poster edukasi. Poster ini bisa dalam bentuk fisik namun akan jauh lebih aman jika dibagikan dalam bentuk digital. Mahasiswa bisa membuat poster berisi informasi, tutorial, maupun tema-tema lain yang bermanfaat bagi masyarakat. Jika dibuat dalam bentuk digital, maka poster bisa dibagikan melalui media komunikasi agar bisa diunduh dan dilihat oleh warga.

6. Pembagian Bantuan Sosial

Mahasiswa juga bisa mengadakan program penyaluran bantuan sosial bagi masyarakat. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, bantuan sosial tentu akan terasa sangat bermakna. Banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi. Mahasiswa bisa melakukan pembagian bantuan berupa uang maupun sembako untuk masyarakat di lokasi pengabdian.

Itulah 6 contoh pengabdian masyarakat online yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Penting sekali untuk memperhatikan kondisi serta kebutuhan masyarakat agar program yang dijalankan tepat sasaran. Pastikan setiap program yang dijalankan bisa memberi manfaat dan tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi mahasiswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *