Tes Kemampuan dan Potensi Akademik

Saat mengikuti seleksi masuk universitas atau melamar pekerjaan, biasanya pendaftar harus mengikuti TPA. Tes kemampuan dan potensi akademik ini terdiri dari beberapa kategori yaitu tes verbal, numerik, spasial, dan logika. Agar bisa lolos memenuhi syarat, berikut adalah 5 tips jitu yang bisa dilakukan saat mempersiapkan diri ikut TPA:

1. Kenali Soal-Soal TPA

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah kenali dulu soal-soal yang biasa muncul di TPA. TPA merupakan jenis tes yang sangat umum dan jenis-jenis soalnya juga memiliki karakter yang sama. Tidak sulit untuk mengenali karakter setiap kategori soal asalkan banyak mencari referensi.

Jika sudah mengenali setiap kategori soal maka akan lebih mudah untuk menguasai strategi yang tepat dalam mengerjakannya. Bagi yang baru pertama kali mengikuti TPA mungkin akan sulit untuk menaklukkan soal-soal. Hal ini bisa diatasi dengan membaca sebanyak mungkin soal-soal latihan supaya kenal akrab dengan setiap karakter soal yang ditampilkan.

2. Latihan Sebanyak Mungkin

Penting sekali untuk berlatih mengerjakan soal sebanyak mungkin. Soal-soal latihan ini bisa didapatkan dari berbagai sumber. Cara termudah dan gratis adalah dengan mencari soal latihan tes kemampuan dan potensi akademik di internet. Selain dari internet, soal latihan juga bisa didapatkan dari buku. Dari sumber apapun soalnya, coba kerjakan sebanyak mungkin agar semakin akrab dengan TPA.

3. Fokus Latihan Per Kategori

TPA memiliki beberapa kategori soal. Setiap kategori akan menguji kemampuan yang berbeda-beda. Agar semakin mudah menguasai teknik pengerjaan soal maka cobalah untuk fokus mengerjakan latihan per kategori. Setiap kategori juga pasti memiliki strategi pengerjaan yang tidak sama.

Sebagai contoh, untuk bagian tes verbal peserta harus memiliki kemampuan membaca yang baik. Tingkatkan kemampuan membaca cepat sambil menyerap informasi yang diberikan oleh bacaan tersebut. Perbanyak kosa kata dan cari tahu kata-kata yang tidak umum supaya nanti lebih mudah mengerjakan soal antonim juga sinonim.

Kemudian untuk tes numerik, peserta harus berlatih untuk berhitung dengan lebih cepat. Pelajari teknik-teknik berhitung yang cepat namun hasilnya tepat. Untuk jenis tes logika, coba baca baik-baik pertanyaan dan cari tahu kemana arah dari pertanyaan tersebut. Lalu untuk jenis tes spasial, pastikan untuk jeli melihat pola gambar-gambar yang ditampilkan dalam soal.

4. Istirahat yang Cukup

Jangan hanya sibuk berlatih, persiapan kondisi fisik juga sangat penting. Luangkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Mengerjakan TPA membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dibutuhkan kondisi fisik yang baik agar bisa fokus dalam mengerjakan semua jenis soal. Mendekati hari tes, lebih baik luangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat. Pastikan tubuh dalam kondisi prima saat mengikuti tes yang sesungguhnya.

5. Persiapkan Mental

Selain fisik, mental juga harus dipersiapkan dengan baik. Persiapan mental bisa dilakukan dengan memperbanyak doa kepada Tuhan. Minta juga doa restu dari orang tua supaya semakin siap untuk menghadapi tes. Usahakan untuk tetap tenang saat mengerjakan tes agar bisa berpikir dengan jernih. Tidak perlu terburu-buru, gunakan waktu sebaik mungkin untuk berpikir dan mengambil jawaban yang benar.

Itulah 5 tips jitu untuk mempersiapkan tes kemampuan dan potensi akademik. Sebelum ikut tes yang sesungguhnya coba lakukan simulasi terlebih dahulu dengan batasan waktu. Persiapan diri yang matang akan mempermudah saat mengerjakan soal-soal TPA yang sebenarnya dan peluang lolos pun semakin besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.