Tips dan Trik Mengerjakan Tes Bakat Skolastik

TBS merupakan jenis tes yang penting untuk dijalani oleh para pelajar. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan juga bakat seseorang. TBS saat ini juga digunakan sebagai salah satu standar dalam proses seleksi mahasiswa baru di universitas. Berikut adalah tips dan trik mengerjakan tes bakat skolastik yang dapat diterapkan demi menerima hasil yang optimal:

1. Tetap Tenang dan Berdoa

Tips pertama, peserta harus ada dalam kondisi yang tenang. Saat mengerjakan soal TBS tidak boleh panik apalagi tegang. Ini justru akan membuat peserta kesulitan untuk berpikir. Padahal dibutuhkan pikiran yang jernih agar bisa mendapatkan jawaban yang tepat dari semua jenis soal.

Agar bisa tenang menghadapi TBS, sangat disarankan untuk banyak-banyak berlatih mengerjakan soal. Semakin banyak berlatih mengerjakan soal maka akan semakin kenal dengan karakter setiap jenis soal. Ini akan memperkuat mental peserta hingga tiba waktunya mengerjakan tes yang sebenarnya.

2. Baca Soal dan Jawaban secara Cermat

Pastikan untuk selalu membaca soal dan pilihan jawaban dengan cermat. Tidak perlu terburu-buru, baca baik-baik pertanyaan dan cari tahu apa yang menjadi inti dari pertanyaan tersebut. Kemudian baca setiap pilihan jawaban yang ada. Seringkali karena terburu-buru akhirnya tidak teliti membaca soal dan jawaban hingga menyebabkan peserta memilih jawaban yang salah.

3. Jangan Terpaku pada Satu Soal

Tidak semua jenis soal bisa dijawab dengan lancar. Meskipun sudah mempersiapkan diri dengan baik, bisa saja peserta kesulitan menjawab satu atau beberapa soal. Tak masalah, tak perlu terpaku pada satu soal saja. Ini hanya akan membuang-buang waktu karena terpaku menyelesaikan satu soal. Sangat disarankan untuk segera beralih ke soal yang lain agar waktu tidak terbuang.

Saat terpaku pada satu soal, maka peserta bisa kehilangan waktu untuk mengerjakan soal-soal yang lain. Jadi akan jauh lebih baik jika langsung beralih ke pertanyaan lain. Jika nanti ada waktu yang tersisa maka bisa dikerjakan lagi. Skor yang didapat tidak hanya bergantung pada satu soal, jadi tak perlu khawatir dan terlalu memikirkan soal-soal yang tidak bisa dijawab.

4. Mulai dari Tes Verbal Dulu

Tips dan trik mengerjakan tes bakat skolastik berikutnya adalah mulai dari tes verbal terlebih dahulu. Jenis tes verbal ini cenderung lebih mudah dibandingkan kategori tes yang lain. Sangat disarankan untuk memakai waktu-waktu awal mengerjakan soal verbal. Biasanya kategori soal ini juga tidak membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan.

Setelah tes verbal, peserta bisa pindah ke kategori soal lain. Misalnya dari soal verbal bisa langsung mengerjakan soal numerik. Sementara itu untuk soal logika bisa dikerjakan di bagian akhir. Namun, urutan ini bisa saja berubah sesuai dengan kemampuan dan bakat peserta dalam mengerjakan soal TBS.

5. Tetap Fokus

Pastikan untuk tetap fokus mengerjakan soal apapun yang terjadi. Manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan di sini. Usahakan untuk mengatur sebaik mungkin agar semua jenis soal bisa dijawab dengan benar. Tak perlu terpengaruh dengan lingkungan sekitar, tetaplah fokus pada tujuan akhir yaitu menyelesaikan soal-soal TBS tersebut.

Itulah tips dan trik mengerjakan tes bakat skolastik. Tes ini sangat penting bagi pelajar, sama pentingnya dengan ujian-ujian akademik lainnya. Hasil tes ini juga akan berpengaruh pada nasib pelajar untuk lanjut kuliah di universitas. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin agar TSB bisa dilalui dengan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.