Program KKN Ekonomi

Sebagian perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa tingkat akhir, tak terkecuali mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau KKN. Dengan berpartisipasi dalam program KKN ekonomi, mahasiswa diharapkan bisa membantu masyarakat serta mengedukasi tentang pendidikan ekonomi. 

Namun, sayangnya tidak semua perguruan tinggi yang mewajibkan KKN juga membantu mahasiswa dalam menemukan tema dan lingkungan yang tepat untuk melaksanakan KKN. Hal ini tentunya dapat membuat mahasiswa merasa kebingungan.

Sebelum melaksanakan KKN, mahasiswa harus menentukan terlebih dahulu tema apa yang akan diusung. Bagi mahasiswa ekonomi, tema yang diusung bisa diambil dari masalah-masalah di bidang ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat. Misalnya seperti 5 tema program KKN ekonomi berikut ini:

1. Tema Ketahanan Ekonomi

Dengan mengangkat tema ketahanan ekonomi, fokus masalah yang harus diangkat oleh mahasiswa adalah membantu masyarakat mengembangkan berbagai potensi di sekitarnya supaya dapat menjadi sumber penghasilan. Jika masyarakat berada di lingkungan perkebunan, maka potensi ketahanan ekonomi yang bisa digali adalah menjual hasil perkebunan dan mencarikan solusi agar masyarakat bisa memperoleh pendapatan rutin dari hasil penjualan tersebut.

Bagi mahasiswa pertanian, mungkin KKN di lingkungan perkebunan akan menjadi kesempatan untuk mencoba menciptakan teknologi yang dapat membantu masyarakat saat berkebun. Namun, bagi mahasiswa ekonomi harus memikirkan bagaimana masyarakat sekitar bisa tercukupi kebutuhan finansialnya dengan mengolah hasil kebun. 

Misalnya, membantu masyarakat mendirikan usaha, memperoleh pinjaman dari bank, memasarkan hasil kebun, serta mengedukasi bagaimana caranya supaya arus keuangan dalam berusaha tidak sampai membawa kerugian.

2. Pengembangan Destinasi Wisata Lokal

Berbicara destinasi wisata tidak selalu merujuk pada destinasi besar seperti Bali. Memang tak masalah jika KKN dilaksanakan di destinasi wisata besar, tetapi sebaiknya pilihlah destinasi wisata yang belum cukup berkembang karena lokasi seperti itulah yang paling membutuhkan bantuan. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan mahasiswa ekonomi saat KKN? 

Hal paling utama yang harus dilakukan yaitu membantu memasarkan destinasi wisata tersebut supaya lebih banyak dikenal wisatawan. Cobalah cari tahu apakah ada yang salah dari strategi bisnis di destinasi tersebut. Bagi yang mengambil jurusan akuntansi, bisa dilihat bagaimana pembukuan serta pengeluaran yang dibutuhkan destinasi tersebut, apakah seimbang atau tidak. 

Dengan mengambil tema ini, mahasiswa harus mampu memberikan solusi yang dapat membuat destinasi wisata menjadi lebih berkembang. Baik dari segi pendapatan, awareness wisatawan, atau membantu masyarakat yang tinggal di sekitar destinasi untuk bisa lebih menggali potensi supaya kondisi finansialnya jadi lebih baik lagi.

3. Pemberdayaan UMKM

Salah satu kampus yang mengusung tema pemberdayaan UMKM dalam program KKN adalah Universitas Padjajaran atau UNPAD. Dengan mengangkat tema ini, mahasiswa diharapkan bisa hadir secara nyata mendampingi dan membantu para pelaku UMKM mengembangkan usahanya. Mulai membantu menyusun strategi pemasaran, membidik target konsumen, hingga menyiapkan produk yang memiliki daya saing dengan kompetitor.

4. Membantu Administrasi Desa

Berbeda dengan beberapa tema yang sudah dijelaskan di atas, tema yang satu ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kegiatan bisnis. Meskipun begitu, tema membantu administrasi desa juga tetap bisa menjadi alternatif untuk KKN. 

Bagi mahasiswa ekonomi, KKN di Kantor Desa, Kelurahan, atau Kecamatan bisa dilakukan untuk posisi sebagai admin yang mencatat bagian keuangan. Misalnya, catatan anggaran dan penyerapan selama satu tahun dan menghitung belanja anggaran yang dibutuhkan untuk program-program tertentu.

5. Literasi Finansial

Tema literasi finansial sangat cocok bagi mahasiswa yang senang menyampaikan informasi kepada orang banyak. Dengan mengambil tema ini, mahasiswa cukup mengadakan pelatihan di suatu desa atau lingkungan tertentu yang tingkat literasi finansialnya masih rendah. Karakter masyarakat seperti pada umumnya kesulitan ekonomi, misalnya terlilit hutang, tidak memiliki tabungan, selalu merasa kurang dengan pendapatannya.

Tujuan dari tema ini adalah mendidik masyarakat supaya tidak lagi mengalami kondisi finansial yang buruk. Maka, mereka harus memahami bagaimana cara bijak mengelola uang, menyisihkan sebagian penghasilannya untuk menabung, dan untuk belanja kebutuhan hidup.

Demikian penjelasan mengenai tema program KKN ekonomi. Jika diberi kebebasan untuk memilih tema sendiri, sebaiknya pilihlah tema yang paling dikuasai. Pastikan juga untuk memilih lokasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.