Program Unggulan KKN

Sebelum terjun ke lokasi-lokasi, para mahasiswa KKN pasti diminta untuk menyusun beberapa program yang akan diterapkan. Selain harus bermanfaat, program unggulan KKN sebaiknya dirancang dengan efektif, efisien, dan bisa diselesaikan dalam periode KKN yang singkat. Jika berhasil, program yang berhasil diterapkan akan menjadi nilai tambah untuk mahasiswa dan civitas akademika. Di bawah ini beberapa program unggulan yang bisa diterapkan:

1. Teknologi Tepat Guna

Salah satu program unggulan KKN yang selalu ada dari tahun ke tahun adalah teknologi tepat guna. Tak bisa dipungkiri bahwa penggunaan teknologi bisa memudahkan masyarakat melakukan banyak hal. Selain itu, kecanggihan teknologi juga membantu meningkatkan daya guna dan hasil guna berbagai sektor.

Namun demikian, terutama di daerah pedesaan, penerapan teknologi belum sepenuhnya optimal. Masyarakat umumnya hanya mengenal dan memfungsikan teknologi sebagai alat sederhana, seperti halnya telepon genggam yang hanya difungsikan untuk mengakses komunikasi via Whatsapp. Padahal, ponsel yang dimiliki bisa memberikan manfaat lebih dari itu.

Pada program teknologi tepat guna, mahasiswa harus jeli melihat potensi, dan mengaitkannya dengan penggunaan serta penerapan teknologi. Sebagai contoh, mahasiswa KKN dapat menggunakan ponsel sebagai media pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas.

2. Pemberdayaan Obat Herbal Keluarga

Program lain yang bisa diterapkan adalah pemberdayaan tiap-tiap kepala keluarga, agar memiliki ‘apotek pribadi’. Caranya adalah dengan memberikan pemahaman serta pemberdayaan lingkungan rumah, agar memiliki tanaman obat. Tanaman obat ini sangat penting, terutama pada saat terjadi kondisi darurat di rumah.

Pemberdayaan obat herbal keluarga, atau yang juga dikenal dengan ‘TOGA’, merupakan program yang tidak terlalu membutuhkan biaya besar. Karena sebenarnya, obat herbal sudah sangat akrab di dapur masyarakat. Hanya saja, belum banyak yang mengetahui kegunaannya untuk kesehatan selain untuk memasak.

3. Pengolahan Sampah

Ketika berada di lingkungan desa, salah satu kondisi yang umum ditemui adalah masyarakat yang membuang sampah secara langsung ke selokan atau sungai. Kondisi ini bisa kita raih menjadi sebuah program KKN yang unggul, yaitu dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kebersihan lingkungan dan bahayanya gunungan sampah.

Lebih jauh lagi, edukasi tentang lingkungan ini dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan pembuatan bak sampah atau tempat akhir pembuangan sampah, pemilahan sampah organik-anorganik, penerapan grease trap untuk sampah minyak, atau mengolah sampah plastic menjadi kerajinan-kerajinan yang bernilai jual seperti kantong belanja dari bekas bungkus minuman kemasan sachet.  

4. Penyuluhan Kesehatan Mental Masyarakat

Tak dipungkiri bahwa pandemi membawa sebagian masyarakat kepada kondisi kesehatan yang semakin menurun, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan mental. Bukan berarti mendiskreditkan masyarakat di lokasi KKN sebagai masyarakat depresi, namun faktanya, penurunan income dan juga paparan virus covid-19, membawa seseorang pada kondisi mental yang kurang baik.

Sebagai contoh, para penyintas covid-19 yang ada di tengah masyarakat masih sering mendapatkan stigma negatif bahkan perundungan. Jika dibiarkan dan tidak segera diedukasi, hal ini akan memberikan pengaruh yang lebih dalam kepada kesehatan orang tersebut secara keseluruhan, dan juga para warga pada umumnya.

5. Edukasi Hukum Penggunaan Teknologi

Penggunaan teknologi haruslah tepat sasaran dan tepat cara. Tepat sasaran berarti teknologi tersebut memberikan manfaat. Tepat cara berarti teknologi tidak disalahgunakan untuk melakukan kejahatan, ataupun bullying di media sosial. Di sinilah pentingnya edukasi dalam bidang hukum, agar warga mengerti batasan penggunaan teknologi, sehingga tidak merugikan dan tidak terjerat kasus hukum terkait ITE.  

Menyusun program unggulan KKN sebenarnya tidak perlu terlalu rumit. Hal tersebut tentu saja terkait dengan banyak pertimbangan, mulai dari waktu yang singkat, biaya minim, dan juga SDM yang akan terlibat. Hal terpenting adalah, bagaimana membuat program KKN bisa terlaksana dan meninggalkan kesan positif di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.