Program Unggulan KKN Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu bidang yang penting dalam proses perancangan program kerja KKN. Berbagai ilmu yang diperoleh selama masa kuliah dapat dijadikan sebagai pedoman untuk merancang program unggulan KKN kesehatan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tentunya kegiatan yang akan diselenggarakan harus berdasarkan survei di lapangan.

Selama kurun waktu yang telah ditentukan, kelompok KKN dapat mengadakan berbagai sosialisasi hingga kegiatan yang menunjang kesehatan. Misalnya dengan pengadaan lomba bersih desa hingga rangkaian kegiatan olahraga. Berikut 5 pilihan program kerja KKN di bidang kesehatan yang dapat diterapkan dengan mudah dan memiliki banyak manfaat bagi masyarakat:

1. Sosialisasi Mengenai Pencegahan Penyebaran Covid

Tidak bisa dipungkiri, covid menjadi salah satu masalah serius yang saat ini terjadi di Indonesia. Pemahaman tentang penyebaran virus tersebut patut disosialisasikan kepada masyarakat setempat. Supaya warga dapat menerapkan gaya hidup bersih, menjaga jarak, dan menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Bila tidak memungkinkan mengadakan sosialisasi secara tatap muka, kelompok KKN dapat membuat video edukatif mengenai pencegahan penyebaran virus covid. Video tersebut dapat diunggah dan dibagikan ke masyarakat luas. Selain cara tersebut, kelompok KKN juga dapat melakukan sosialisasi secara daring dengan memanfaatkan Zoom Meeting.

2. Penyuluhan Penyakit dan Gangguan Kesehatan ke Sekolah

Wawasan mengenai jenis-jenis penyakit dan gangguan kesehatan yang umum terjadi seharusnya diketahui sejak dini. Program unggulan KKN kesehatan yang dapat diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan penyuluhan ke sekolah. Sehingga siswa dapat memahami berbagai macam gangguan kesehatan serta cara pencegahannya yang tepat.

3. Pengadaan Lomba Kebersihan Tiap RW

Guna meningkatkan partisipasi warga desa dalam menjaga kebersihan lingkungan, mahasiswa dapat merancang program unggulan KKN kesehatan berupa pengadaan lomba. Salah satunya dengan mengadakan lomba kebersihan yang diikuti serempak oleh tiap RW. Penilaian dapat ditinjau dari aspek kebersihan taman, maupun kebersihan kamar mandi dan toilet umum di lingkungan yang dilombakan.

4. Mengadakan Senam Sehat Bagi Dewasa dan Lansia Secara Rutin

Kurangnya kesadaran akan pentingnya berolahraga memungkingkan seseorang menjadi lesu dan mudah sakit. Salah satu cara mengunggah motivasi warga untuk berolahraga adalah dengan mengadakan senam secara rutin. Senam dapat dilakukan di halaman yang cukup luas, seperti di lapangan maupun balai desa. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap pagi atau dua hari sekali.

Selain olahraga melalui senam rutin, mahasiswa juga dapat merancang program kerja berupa jalan sehat atau bersepeda. Program kerja tersebut dapat diikuti mulai dari anak-anak hingga dewasa. Agar meningkatkan partisipasi warga untuk aktif mengikuti rangkaian kegiatan, kelompok KKN juga dapat mengadakan beberapa lomba sederhana di akhir acara.

5. Mengadakan Penyuluhan dan Sosialisasi Penting Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi

Konsep pentingnya menjaga kesehatan harus ditanamkan sedini mungkin. Itulah sebabnya budaya bersih seperti mencuci tangan dan menggosok gigi patut diajarkan pada anak-anak. Kelompok KKN dapat mengatur jadwal untuk mengadakan penyuluhan ke sekolah dasar guna melaksanakan sosialisasi terkait pentingnya menanamkan budaya hidup bersih di lingkungan sekitar.

Itulah 5 program unggulan KKN kesehatan yang dapat dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat di lingkungan desa. Pada dasarnya, kelompok KKN dapat merancang program kerja baru atau mendukung kegiatan bidang kesehatan yang telah ada di lokasi. Sebagai bahan pertimbangan, mahasiswa dapat berkoordinasi dengan kepada desa agar program kerja berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.