Manfaat KKN Bagi Perguruan Tinggi

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh perguruan tinggi memang memiliki banyak manfaat tidak hanya bagi mahasiswa saja, KKN yang diadakan ini memiliki banyak manfaat pula bagi perguruan tinggi. Seperti yang telah diketahui bahwa KKN menjadi sebuah program yang melibatkan mahasiswa untuk turut aktif dalam menangani masalah yang ada di masyarakat tentu akan berimbas pula pada universitas. Berikut ini adalah beberapa manfaat kkn bagi perguruan tinggi, diantaranya:

1. Memperluas Jaringan Universitas

Sebuah universitas tentu menginginkan namanya dikenal dan juga memiliki nilai positif di masyarakat. Salah satu cara mudah merealisasikan hal tersebut yaitu dengan adanya Kuliah Kerja Nyata yang dilakukan oleh mahasiswanya. Ketika seorang mahasiswa melakukan KKN di daerah yang susah diakses, tentu kecil kemungkinan masyarakat tersebut mengenal universitas atau perguruan tingginya.

Jadi dengan adanya KKN ini tentu bisa sekaligus mengenalkan almamater yang ada. Semakin rutin perguruan tinggi melakukan KKN, tentunya peluang jaringan akan lebih besar. Ketika jaringan yang ada telah lebar, perguruan tinggi tersebut akan besar kemungkinan memiliki mahasiswa baru lebih banyak.

2. Meningkatkan Reputasi Perguruan Tinggi

Untuk manfaat kkn bagi perguruan tinggi yang lainnya yaitu mampu menambah nilai atau reputasi positif bagi universitas yang ada. Banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya mahasiswa yang melakukan KKN di daerah mereka. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya program dari KKN yang membantu mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

Bahkan ada terkadang potensi dari masyarakat bisa digali sehingga menghasilkan sebuah inovasi baru. Ketika kelompok mahasiswa yang melakukan KKN bisa memberikan yang terbaik, tentu nilai masyarakat kepada perguruan tinggi juga akan demikian. Terdapat umpan balik yang akan menjadikan perguruan tinggi semakin memiliki reputasi yang lebih baik.

3. Memberikan Ide Program Yang Baru

Setelah mahasiswa melakukan KKN, tentu ada refleksi dari perguruan yang digunakan untuk mengambil keputusan dan juga gambaran bagaimana program KKN selanjutnya. Adanya pertimbangan dan juga masukan dari mahasiswa mengenai program KKN yang dijalankan menjadikan perguruan tinggi bisa selalu memberikan yang terbaik setelahnya.

Bahkan tidak hanya itu saja, biasanya dengan adanya KKN ini akan menjadi ajang promosi lebih bagi perguruan tinggi. Langkah program yang akan datang bisa di desain sedemikian rupa sehingga mampu memberikan program terbaik yang nantinya bisa meningkatkan universitas sekaligus CV Dosen yang ada.

4. Menambah Kemitraan Untuk Melakukan Penelitian

Perguruan tinggi akan selalu melakukan penelitian terbaru di berbagai bidang. Ketika muncul sebuah ide penelitian yang baru, tentu membutuhkan sampel yang hendak dijadikan penelitian tersebut. Dengan adanya KKN, perguruan tinggi bisa lebih matang dalam mempertimbangkan lahan yang hendak dijadikan penelitian.

Suatu daerah yang pernah dijadikan lokasi KKN sebuah perguruan tinggi, tentu akan lebih mengenal nama kampus tersebut. Hal ini menjadi semakin mudah perguruan tinggi untuk bisa menjadikan daerah tersebut sebagai mitra untuk melakukan penelitian.

5. Meningkatkan Keterlibatan Sipil Dan Juga Politik

Upaya untuk menciptakan kemitraan dengan berbagai komunitas yang ada menjadi hal yang penting bagi perguruan tinggi. Tidak menutup kemungkinan suatu daerah yang dijadikan KKN terdapat masyarakat yang memiliki keterlibatan dalam praktik kelembagaan. Ketika mahasiswa yang terjun di masyarakat dinilai bagus, tentu nama perguruan tinggi juga akan dijunjung.

Beberapa mahasiswa yang ikut andil dan juga berkontribusi dalam sebuah organisasi di masyarakat tersebut, biasanya juga akan menjadi langkah baru bagi perguruan tinggi untuk ikut terlibat di dalamnya. Hal ini tentunya akan menjadikan perguruan tinggi semakin melebarkan sayapnya baik dalam dunia sipil maupun politik.

Banyaknya manfaat kkn bagi perguruan tinggi memang menjadikan program yang satu ini patut untuk dijadikan program wajib. Semakin terarah program yang dijalankan, besar kemungkinan nama perguruan tinggi akan lebih harum di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.