KKN Teknik Informatika

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu kegiatan mahasiswa tingkat akhir. Selain memang menjadi sumber penilaian, KKN juga sebagai sarana pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Mahasiswa yang menjalani program KKN tersebut berasal dari banyak jurusan, termasuk teknik informatika. Ada beberapa contoh proker kkn teknik informatika yang bisa menjadi referensi.

Sebenarnya, tidak seberapa sulit membuat proker kkn khususnya untuk mahasiswa jurusan teknik informatika. Pasalnya, rata-rata KKN mengharuskan mahasiswa untuk melakukannya di desa-desa bukan? Masyarakat desa kebanyakan tidak terlalu terbiasa dengan teknologi. Maka, proker pengenalan teknologi bisa jadi pilihan terbaik. Berikut ini merupakan beberapa contoh proker kkn teknik informatika:

1. Pengenalan Komputer Pada Masyarakat

Beberapa desa apalagi yang masih dalam taraf terpencil, tidak jarang masih belum terlalu terbiasa dengan teknologi masa kini. Sebagian besar memang sudah menggunakan smartphone, namun untuk komputer atau laptop mungkin masih belum banyak yang menggunakannya. Tentunya ini bisa jadi ide untuk salah satu proker kkn.

Buat pertemuan dengan warga desa. Isinya tentang sosialisasi pengenalan perangkat komputer. Jelaskan cara penggunaannya, beberapa program inti yang bisa dimanfaatkan, dan lainnya. Misalnya pengenalan tentang MS Word, MS excel, yang rata-rata bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan. Tidak hanya untuk kalangan anak sekolah saja, para orang tua pun rasanya perlu informasi tersebut.

2. Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Masyarakat

Proker kkn teknik informatika juga bisa dicoba dengan menggelar sosialisasi tentang pengenalan rambu lalu lintas pada masyarakat. Jangan salah, hal ini juga penting bagi masyarakat pedesaan. Meskipun masih tinggal di desa, ada masa tertentu masyarakat akan pergi ke kota dengan beberapa keperluan.

Misalnya, mencari kebutuhan khusus yang tidak bisa ditemukan di desa. Memang tidak semua orang menggunakan kendaraan pribadi saat ke kota. Namun, khusus untuk yang lebih suka memakai kendaraan sendiri, ada baiknya diberikan edukasi tentang rambu lalu lintas. Jadi dengan begitu, masyarakat akan lebih aman ketika berkendara di jalan besar seperti pada kota-kota.

3. Sosialisasi Program Photoshop, Paint, Serta Software Lainnya

Tidak ada salahnya juga untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang beberapa software yang dianggap cukup penting. Misalnya seperti software Photoshop atau Paint, yang keduanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pembuatan logo produk. Jika warga desa punya produk jualan yang berpotensi, sebaiknya mulai dikembangkan pemasarannya.

Pengetahuan tentang Photoshop atau Paint akan membantu warga desa membuat logo produknya sendiri supaya lebih dikenal. Selain itu, mahasiswa juga dapat sekalian mengajarkan cara untuk membuat kemasan produk yang menarik. Sehingga, bisa menarik lebih banyak pembeli nantinya.

4. Membantu Sekolah Membuat Sistem Akademik Berbasis Website

Sekolah-sekolah di pedesaan mungkin belum terlalu menggunakan website sebagai keperluan penting. Misalnya untuk sistem informasinya, mulai dari nilai siswa, acara-acara yang akan diadakan, semuanya masih diberitahukan secara manual. Padahal, saat ini sudah ada sistem informasi akademik untuk sekolah.

Mahasiswa teknik informatika bisa mulai mengenalkan pemanfaatan sistem informasi akademik tersebut pada sekolah. Tentunya dengan begitu, akan mempermudah hubungan komunikasi antara orang tua, siswa sendiri, dengan pendidik di sekolah.

5. Pengenalan Sekaligus Mengajarkan Tentang E-Commerce

Saat ini berjualan produk sebenarnya sudah sangat mudah. Orang tidak perlu repot harus menyiapkan tempat jualan. Berjualan bisa dilakukan dari mana saja, bahkan di rumah. Sayang jika ada salah satu produk unggulan desa, namun tidak bisa dipasarkan dengan baik.

Teknologi e-commerce adalah solusi terbaik. Warga desa yang punya produk unggulan bisa diedukasi tentang hal tersebut. Mulai kenalkan pada warga tentang salah satu e-commerce yang dapat dimanfaatkan. Jangan lupa ajarkan juga bagaimana cara mengaplikasikannya.

Itu dia tadi ada 5 proker kkn teknik informatika. Semuanya bisa dijadikan bahan referensi terbaik. Sebetulnya, tidak sulit untuk mahasiswa jurusan teknik informatika membuat proker kkn. Mengingat warga desa belum banyak yang paham dengan memanfaatkan teknologi masa kini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *