Apa Itu TBS

TBS atau tes bakat skolastik sekarang ini banyak digunakan sebagai tes masuk untuk berbagai instansi. Dari mulai perguruan tinggi sampai pekerjaan, semuanya menggunakan tes ini. Tapi meskipun begitu masih banyak yang belum mengetahui apa itu TBS, dan hal apa saja yang diujikan. Tentunya tujuan untuk mengetahui ini dilakukan sebagai persiapan.

Apa Itu TBS?

Jadi apa itu TBS sebenarnya? TBS atau tes bakat skolastik adalah tes yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan seseorang (IQ). Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau tes ini sudah sangat banyak digunakan sebagai ujian masuk.

Tips dan Trik Menghadapi TBS

Karena ini merupakan ujian masuk untuk sebuah instansi, maka tentunya diperlukan tips dan trik serta persiapan yang matang dalam menghadapi ujian ini. Mengetahui tips dan trik ini tentunya bertujuan agar peserta tes bisa tetap tenang menghadapi ujian ini, dan bisa berhasil. Jadi bagi yang penasaran simak pembahasan ini sampai selesai.

1. Berlatih Soal-Soal

Tentunya ini merupakan tips dan trik yang paling sering disarankan yakni perbanyak berlatih soal. Tidak perlu membaca terlalu banyak teori untuk mempersiapkan tes ini. Karena yang terpenting adalah berlatih banyak soal, istilahnya lebih baik memperbanyak praktik dibandingkan hanya dengan teori saja.

2. Tidak Perlu Menghafal Rumus

Memang di tes ini terdapat soal hitungan, namun hitungan yang disajikan di dalam tes ini bukanlah sesuatu yang rumit. Semuanya berdasarkan kemampuan berpikir yang logis dan terstruktur, oleh karena itu rumus yang rumit tidak diperlukan. Intinya tetap biasakan otak untuk mampu berpikir dengan sistematis terukur.

3. Gunakan Konsentrasi Penuh

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa di dalam soal ini dibutuhkan kemampuan berpikir yang terstruktur dan sistematis. Dibutuhkan konsentrasi penuh untuk bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Karena ada beberapa yang membutuhkan penalaran tinggi seperti tes logika, dan beberapa tes lainnya jadi pastikan untuk fokus.

4. Kerjakan dari yang Mudah

Jangan pernah hanya fokus dengan satu soal saja, apalagi jika soal tersebut merupakan soal yang sulit. Karena kalau terlalu banyak menghabiskan waktu di soal tersebut, maka peserta bisa menjadi hilang konsentrasi. Selain itu kalau hanya fokus di satu soal saja, maka kemungkinan besar emosi peserta menjadi naik dan membuyarkan semua fokusnya.

5. Tidak Mudah Panik

Hindari untuk panik saat mengerjakan soal-soal yang diberikan, karena bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi yang dimiliki oleh peserta. Selain itu panik tidak akan pernah bisa menyelesaikan sebuah masalah. Jadi peserta hanya akan membuang-buang waktu saja, sehingga lebih baik untuk mencari soal lain apabila tidak mengerti daripada menjadi panik.

6. Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman

Kalau hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan sebelum melakukan ujian tersebut. Karena dengan menciptakan suasana belajar yang nyaman, maka semua materi dapat terserap dengan sempurna. Jadi persiapan yang dilakukan juga lebih matang, dan peserta bisa lebih tenang saat menghadapi ujian nanti.

7. Banyak Melakukan Belajar Kelompok

Terakhir adalah tips yang banyak diabaikan oleh peserta, karena berpikir kalau tes ini sama seperti tes iq. Padahal tes ini juga memerlukan beberapa diskusi dengan teman. Sebut saja untuk soal hitungan, ataupun deret angka yang tentunya perlu untuk dibahas. Tujuannya agar peserta bisa menyelesaikan soal-soal yang diberikan dengan cepat.

Jadi ternyata TBS adalah tes bakat skolastik, sehingga bagi yang belum mengetahui apa itu TBS sekarang ini sudah mengerti dan bisa mempersiapkan dengan matang. Apalagi di sini sudah diberikan bagaimana tips dan trik sebelum dan saat melakukan ujian, jadi persiapan juga menjadi lebih mantap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.